PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Rapat Koordinasi Percepatan Program PAT Padi dan Pendataan Infrastruktur Irigasi




 <!-- x-tinymce/html -->

Manokwari, Selasa (14/052024) Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat (BPSIP) melaksanakan koordinasi Percepatan Pelaksanaan Perluasan Areal Tanam Padi dan Pendataan infrastruktur irigasi untuk wilayah Papua Barat dan Papua Barat daya. Rapat koordinasi dilakukan secara online dan offline.

Turut hadir dalam rapat Direktur Polbangtan Manokwari, Seluruh perwakilan Kodam Kasuari XVII, Seluruh perwakilan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten seluruh Provinsi Papua Barat dan Papua barat daya. Rapat ini bertujuan untuk melihat progres Pelaksanaan Perluasan Areal Tanam Padi serta koordinasi guna pendataan infrastruktur irigasi yang rusak atau ada kendala dalam melayani pengairan wilayah pertanian.

Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat (BPSIP) menyampaikan bahwasannya kita harus sepakat dalam percepatan alokasi perluasan areal tanam kita. Untuk kesiapan benih saat ini kementerian pertanian menargetkan perbenihan secara insitu didaerah maka BPSIP Papua Barat bekerja sama dengan petani untuk produksi benih sebar guna menjawab kebutuhan benih. Kelengkapan data CPCL dan pemrosesan pencairan anggaran untuk wilayah yang sudah lengkap CPCLnya agar perluasan areal tanam langsung dapat dilaksanakan.

Dalam hal pelaporan kita juga harus melihat kelengkapan data untuk bendungan yang rusak, disertai juga foto open camera dan luas layanan pengairan. Dr Aser Rouw S.P.M.Si menyampaikan apabila dinas masih mengalami kesulitan dalam pembuatan CPCL serta pelaporan bisa menghubungi LO dari BPSIP Papua Barat agar dapat dibantu kesulitannya sehingga cepat diatasi.

Penulis: Arya Bima